Senin, 08 April 2013

Squid [PROXY]

Standard

Ane mw share lagi ni tentang squid atau proxy mungkin langsung aja kali yah...
Squid sebagai server proxy
Squid adalah salah satu implementasi dari proxy server yang juga menyimpan cache dari setiap respon dari data yang bersangkutan. Singkatnya squid menerima permintaan akses data (request) dari client, dan kemudian meneruskan ke alamat yang dituju (misal : www.yahoo.com), kemudian menyimpan data dari alamat (misal: www.yahoo.com) tersebut disimpan ke dalam direktori squid cache yang kemudian juga diteruskan ke client. Kegunaan squid bila ada permintaan yang sama ke www.yahoo.com, karena sudah ada datanya pada cache maka dapat langsung diberikan tanggapan dari squid server kita tanpa harus meneruskan request tersebut ke www.yahoo.com, ini akan mempercepat akses sehingga dapat menghemat bandwidth.

Instalasi Squid
Instalasi squid dalam format rpm adalah sebagai berikut :
#rpm -ivh squid-2.2.3STABLE4.rpm

Konfigurasi Squid
Variabel-variabel yang dapat dianggap paling penting dalam konfigurasi squid adalah :
http_port (nilai defaultnya 3128). Setelah squid dijalankan maka squid akan siap dan mendengarkan (LISTEN) listen di port 3128. Client yang akan menggunakan squid juga harus menggunakan port tersebut agar dapat mengakses squid. Untuk lebih jelas konfigurasi client akan dijelaskan lebih lanjut

cache_mem (nilai defaultnya adalah 8 MB) .
cache_swap_high (nilai defaultnya 95%)
cache_swap_low (nilai defaultnya 90%)
acl (accsess control list).

Acl dapat menentukan user-user yang dapat mengakses squid http_access. ini akan mengatur siapa saja yang boleh mengkases squid berdasarkan access control list nya Untuk konfigurasi lainnya dapat di lihat di file squid.conf .

Konfigurasi client squid
Konfigurasi pada client (Netscape 4.71) : dilakukan dengan urutan menu sebagai berikut :
Edit | Preferences | Advanced | Proxies | Manual Proxies Configuration | View
Lalu masukkan alamat IP dari server proxy dan port aktifnya.

Menjalankan Squid
Skrip untuk menjalankan program squid terdapat di
/etc/rc.d/init.d. Untuk menjalankannya dilakukan dengan :
#/etc/rc.d/init.d/squid start
Sedangkan untuk menghentikannya dapat dilakukan dengan :
#/etc/rc.d/init.d/squid stop
Anda dapat menguji apakah squid sudah berjalan dengan baik dengan mentesnya dari client atau menggunakan port scanner seperti nmap (www.insecure.com/nmap), apabila port yang kita tentukan (http_port) telah terbuka maka daemon squid telah berjalan dengan baik. File log squid dapat dilihat di /var/log/squid/ sehingga dapat dimonitor setiap kegiatan yang dilakukan oleh squid ketika diakses oleh client. Hal ini juga ataupun dapat digunakan sebagai pendeteksi dari masalah-masalah yang mungkin timbul.

0 komentar: