KOMPUTER DAN
MASYARAKAT :
SUATU
DISIPLIN ILMU YANG MENGKAJI PEMANFAATAN KOMPUTER DAN DAMPAKNYA TERHADAP
MASYARAKAT.
PERBEDAAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER DNG
TEKNOLOGI LAIN :
KURANG 3
DASAWARSA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER:KOMPUTER MAINFRAME KE
LAPTOP/NOTEBOOK, BERBEDA DNG
TEKNOLOGI
LAIN.
PEMANFAATAN KOMPUTER DI
BERBAGAI BIDANG PEKERJAAN :
(1)
MAILTRACKING;
(2)
ANIMASI : GRAFIKA KOMPUTER DAN PENGOLAHAN
CITRA;
(3)
PERPUSTAKAAN;
(4)
PELAYANAN RUMAH SAKIT, PERBANKAN DAN PELAYANAN PUBLIK LAIN;
(5)
PEMESANAN TIKET PESAWAT TERBANG;
(6)
ADMINISTRASI NEGARA;
BERBAGAI
APLIKASI KOMPUTER :
(1)
MOBIL PANDAI DNG PENGOLAH MIKRO U/ MENCEGAH MESIN TIDAK PANAS,
MEMANTAU PUTARAN MESIN, DAN BEBAN MESIN SERTA PENGGUNAAN GIGI TRANSMISI YANG
TEPAT;
(2)
PERPUSTAKAAN ELEKTRONIK;
(3)
PENGENDALIAN LALIN UDARA;
(4)
PENGOLAHAN DATA CUACA;
(5)
PERMAINAN VIDEO.
PERANGKAT LUNAK :
-
PROGRAM
KOMPUTER—SEKUMPULAN PERINTAH—YANG BILA DIEKSEKUSI MEMBERIKAN FUNGSI DAN KINERJA
YANG DIINGINKAN.
-
STRUKTUR
DATA YANG MEMUNGKINKAN PROGRAM MEMANIPULASI INFORMASI SECARA PROPORSIONAL.
-
DOKUMEN
YANG MENGGAMBARKAN OPERASI DAN KEGUNAAN PROGRAM.
KARAKTERISTIK
PERANGKAT LUNAK :
(1)
DIBANGUN
DAN DIKEMBANGKAN.
(2)
TIDAK
PERNAH USANG.
(3)
SEBAGIAN
BESAR DIKEMBANGKAN SECARA CUSTOM-BUILT (TAK DAPAT DIRAKIT DARI KOMPONEN YANG ADA ).
AREA
PERANGKAT LUNAK :
(1)
PERANGKAT
LUNAK SISTEM :
SEKUMPULAN
PROGRAM YANG DIGUNAKAN UNTUK MELAYANI PROGRAM LAIN.
CONTOH :
COMPILER, EDITOR, UTILITY, OPERATING SYSTEM, DRIVER, PROCESSOR OF
TELECOMMUNICATION.
(2) PERANGKAT LUNAK RAEL-TIME :
SEKUMPULAN PROGRAM YANG
MEMONITOR / MENGANALISIS / MENGONTROL EVENT THE REAL WORLD DIMANA SISTEMNYA
HARUS MERESPON DALAM RENTANG WAKTU YANG TETAP.
(3) PERANGKAT LUNAK BISNIS :
UNTUK MENYUSUN STRUKTUR DATA
KEMBALI DENGAN CARA TERTENTU DAN MEMPERLANCAR OPERASI BISNIS / PENGAMBILAN
KEPUTUSAN MANAJEMEN.
CONTOH : PAYROLL, A/R DAN A/P,
INVENTORY DLL.
(4)
PERANGKAT
LUNAK TEKNIK DAN ILMU
PENGETAHUAN :
MENGGUNAKAN ALGORITMA
NUMBER-CRUNCHING DAN BERKEMBANG MENJAUH DARI ALGORITMA NUMERIK.
CONTOH : CAD, SIMULASI SISTEM
DAN APLIKASI INTERAKTIF
(5) EMBEDDED SOFTWARE :
DALAM READ ONLY MEMORY,
MELAKUKAN FUNGSI TERBATAS DAN FUNGSI ESOTERIK SERTA FUNGSI PENEGNDALIAN.
CONTOH : FUNGSI DIGITAL DI
MOBIL : KONTROL BAHAN BAKAR, SISTEM REM DAN PENAMPILAN DASH-BOARD.
(6) PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
PESONAL :
CONTOH : WORDPROCESSOR,
SPREADSHEET, GRAFIK KOMPUTER, MULTIMEDIA, HIBURAN, MANAJEMN DATABASE, APLIKASI
KEUANGAN BISNIS / PRIBADI, JARINGAN EKSTERNAL / AKSES DATABASE.
(7) PERANGKAT LUNAK KECERDASAN
BUATAN :
MENGGUNAKAN ALGORITMA
NON-NUMERIK à PEMECAHAN MASALAH KOMPLEKS—BUKAN PERHITUNGAN / ANALISIS LANGSUNG.
0 komentar:
Posting Komentar